beranda

Kamis, 29 Juli 2010

Cara Mendapatkan Antioksidan Alami

Cara Mendapatkan Antioksidan Alami



Anti oksidan adalah senjata yang ampuh untuk melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan seperti kerutan di wajah, penyakit jantung koroner hingga kanker. Oleh karena itu, kebutuhan antioksidan pun meningkat.

Saat ini sudah banyak antioksidan sintetik yang terkandung di dalam suplemen-suplemen yang di jual di pasaran. Namun, antioksidan alami yang terkandung dalam sayur dan buah tetap menjadi senjata yang paling ampuh untuk melawan radikal bebas. Berikut ini sayuran dan makanan yang mengandung banyak antioksidan.

Berry
Blueberry, stroberi ataupun raspberry kaya akan vitamin, mineral dan serat. Buah beri ini juga mengandung antioksidan yang sangat banyak, yang mampu meningkatkan aktivitas otak dan melawan kanker.

Sebuah studi mengatakan bahwa raspberry mengandung banyak sekali antioksidan. Hasil studi tersebut mengatakan bahwa raspberry mengandung antioksidan 10 kali lebih banyak dibandingkan brokoli atau tomat.

Tomat
Meskipun kandungan antioksidannya lebih sedikit dari raspberry, namun tomat lebih mudah ditemukan. Baik di pasar tradisional maupun di pasar swalayan, Anda bisa menemukan tomat.

Likopen adalah salah satu kandungan dalam tomat yang membuat warnanya menjadi merah merona. Likopen inilah yang menjadi senjata ampuh untuk melawan penyakit dibandingkan beta karotin atau vitamin E.

Dalam menyajikan tomat, sebaiknya digabungkan dengan minyak zaitun. Memasak kedua bahan ini akan membuatnya menjadi lebih baik dan antioksidan pun akan lebih mudah diserap oleh tubuh.

Brokoli
Kaya akan kalsium, beta karotin dan vitamin C. Bahkan kandungan vitamin C nya lebih banyak daripada jeruk.

Sebuah studi telah menunjukkan bahwa kandungan sulforaphane dalam brokoli secara intensif mengeliminasi beberapa enzim yang bertanggung jawab untuk detoks tubuh. Hal ini yang membuat brokoli menjadi makanan yang baik untuk melawan penyakit jantung dan menurunkan risiko kanker payudara dan kanker-kanker lainny

0 komentar:

Posting Komentar